Tips Merawat Baju Distro agar Selalu Tampak Seperti Baru

Pasti menjadi cerita yang menyebalkan manakala mendapati baju distro kesayangan kondisinya sudah sangat memperhatinkan, apakah itu karena warna baju mulai pudar ataupun sablon kaos yang terlihat pecah-pacah dan beberapa bahkan sudah mengelupas. Tentu menjadi kurang percaya diri saat harus memakainya bukan? Sebenarnya cerita menyedihkan dipagi hari ini tidak perlu kamu alami jika kamu dapat merawatnya dengan baik. Meskipun pada saat ini sudah semakin banyak yang sadar mengenai pentingnya merawat pakaian, namun ternyata beberapa orang masih bingung mengenai cara merawat kaos distro yang benar sehingga lebih lebih banyak yang mempercayakanya ke tempat laundry. Sebenarnya banyak vendor yang jual baju distro sudah dilengkapi dengan cara merawatnya. Bagi kamu yang juga mengalami hal yang sama, jangan khawatir karena itu artikel ini akan merangkumnya untuk kamu.

Pisahkan baju berdasarkan warna dan bahan kain

Pastinya kamu sudah sering mendengar bahwa, baju berwarna harus dipisah dengan baju putih polos saat akan mencuci. Maksud dari nasehat klasik itu tidak lain adalah untuk meminimalisir resiko baju berwarna putih terkena percikan warna dari baju yang luntur. Selain dipisahkan berdasarkan warnanya akan lebih baik jika baju juga dipisahkan berdasarkan bahan kain yang digunakan untuk pembuatan masing-masing baju.

Jangan terlalu lama merendam baju distro

Merendam menjadi salah satu ritual dalam mencuci pakaian, tujuannya adalah agar baju distro lebih mudah dibersihkan. Pastikan tidak terlalu lama merendam pakaian, untuk baju yang pertama kali dicuci, sebaiknya merendam jangan sampai melebihi 30 menit. Sementara perendaman untuk baju yang sudah beberapa kali dicuci maksimal 1 jam saja. Hal lainnya yang perlu menjadi perhatian adalah takaran detergen. Usahakan untuk tidak terlalu banyak memasukkan detergen kedalam rendaman karena hal ini akan merusak sablon.

Hindari penggunaan pemutih dan pelembut

Pemutih maupun pelembut menjadi benda terlarang saat mencici kaos distro, mengingat kedua zat kimia ini dapat menyebabkan kain semakin tipis dan kasar serta membuat sablon kaos luntur. Hindari juga penggunaan detergen yang mengandung pemutih maupun pelembut.

Jangan disikat!

Menyikat sangat efektif untuk membersihkan noda yang menempel pada permukaan kain, selain menjadi lebih cepat hal ini juga membuat pekerjaan menyuci menjadi lebih mudah. Namun usahakan untuk tidak melakukan tindakan ini mengingat menyikat kain dapat merusak tekstur kain, hindari juga menyikat bagian sablon kaos. Sebaiknya kucek permukaan kain khususnya bagian yang terkena noda dengan kekutanaan yang tidak terlalu kuat.

Inilah cara menjemur yang tepat

Sebelum menjemur, usahakan untuk membalik baju dimana bagian luar atau bagian sablon berada didalam dan pastikan untuk jangan terlalu lama membuat baju kamu terpapar panas matahari. Tidak kalah penting, jangan menjemur baju distro menggunakan hanger. Dalam kondisi yang masih basah, menggantung baju dengan menggunakan hanger mambuat baju melar atau tertarik ke bawah karena lebih berat.

Menyetrika juga perlu dilakukan dengan benar

Agar tidak terlihat lecek, menyetrikan menjadi tindakan yang paling populer dilakukan. Setrika baju saat kamu yakin kondisi dari baju tersebut sudah benar-benar kering. Hindari menyetrika bagian sablon kaos secara langsung, karena hal tersebut akan membuat sablonan menjadi rusak. Sebagai solusinya kamu dapat membalik bagian kaos atau melapisi bagian sablon dengan karton sebelum di strika dan yang terakhir jangan gunakan suhu yang terlalu panas.

Demikianlah tips merawat baju distro agar selalu tampak seperti baru, semoga dapat bermanfaat. Walaupun sangat sayang atau merasa lebih percaya diri menggunakan kaos distro tertentu, sebaiknya hindari memakai baju itu-itu saja apa lagi jika digunakan untuk tidur mengingat hal tersebut dapat memperpendek masa pakai dari kaos itu sendiri.


BELANJA SEKARANG >>

Bagikan Artikel Ini



Bagaimana Tanggapanmu Mengenai Artikel Diatas ? Beritahu kepada kami di kotak komentar